Beralih ke menu navigasi utama Beralih ke bagian utama Beralih ke bagian footer website

Dampak Politik Anggaran Pendidikan terhadap Penghentian Beasiswa: Studi Kasus SMAN Bali Mandara

Abstrak

Isu politisasi sektor pendidikan dengan penghapusan beasiswa bagi siswa miskin di SMAN Bali Mandara menjadi wacana hangat di provinsi Bali. SMAN Bali Mandara merupakan sekolah eksklusif yang berbeda dengan sekolah reguler lainnya karena di sekolah ini siswa miskin ditanggung 100 persen oleh pemerintah. Namun, pada tahun 2022 status SMAN Bali Mandara diubah menjadi sekolah reguler dan beasiswa untuk siswa miskin dihapuskan sehingga roh dan jiwa dari sekolah ini menjadi hilang. Hal ini belum ada kejelasan mengenai urgensi pemerintah menghapus beasiswa tersebut sementara sektor lain memiliki pos anggaran yang gemuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat politik anggaran APBD di sektor pendidikan dalam merespon urgensi penghapusan beasiswa tersebut. Penelitian ini menarik karena kebijakan pemerintah tidak menyelesaikan masalah siswa miskin dan justru menimbulkan masalah lain. Sebaliknya, pemerintah cenderung fokus pada pembangunan infrastruktur sekolah baru di berbagai daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Penulis mengumpulkan data melalui media massa online, artikel ilmiah, dan lain-lain. Tahapan penelitian dimulai dari identifikasi masalah, studi literatur, penentuan maksud dan tujuan penelitian, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, serta pelaporan hasil penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa politik anggaran dengan penghapusan beasiswa miskin di SMAN Bali Mandara belum mampu menjawab tantangan untuk mengentaskan siswa miskin yang difasilitasi untuk mengakses pendidikan. Pemerintah beralasan bahwa dengan penghapusan beasiswa tersebut akan terjadi pemerataan di bidang lain. Pemerintah berfokus pada pembangunan 14 sekolah baru dengan dalih bahwa semua sekolah harus menerima siswa yang kurang mampu, sehingga tidak terfokus pada SMAN Bali Mandara saja. Namun, sejauh penelitian ini dilakukan dan melihat respon masyarakat, kebijakan ini belum berjalan efektif dan efisien.

Kata Kunci

politik anggaran, pendidikan, pemerintah, SMAN Bali Mandara, APBD

PDF (English)

Biografi Penulis

Nyoman Gita Saraswati Ratmayanti

Nyoman Gita Saraswati Ratmayanti adalah lulusan Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dengan konsentrasi Pendidikan Akuntansi Keuangan.


Referensi

  1. Anessi-Pessina, E., Barbera, C., Sicilia, M., & Steccolini, I. (2016). Public Sector Budgeting: A European Review of Accounting and Public Management Journals. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 29(3), 491–519. https://doi.org/10.1108/AAAJ-11-2013-1532
  2. Arifah, U. (2018). Kebijakan Publik dalam Anggaran Pendidikan. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 2(1), 17–37. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v2i1.37
  3. Baiocchi, G., & Ganuza, E. (2014). Participatory Budgeting as if Emancipation Mattered. Politics & Society, 42(1), 29–50. https://doi.org/10.1177/0032329213512978
  4. Bappeda Bali. (2022, September 5). Pemprov Bali Rancang Perubahan APBD Sebesar Rp5,3 Triliun. Bappeda Bali. https://bappeda.baliprov.go.id/2022/09/05/pemprov-bali-rancang-perubahan-apbd-sebesar-rp53-triliun/
  5. Barr, A., & Turner, S. E. (2013). Expanding Enrollments and Contracting State Budgets: The Effect of the Great Recession on Higher Education. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 650(1), 168–193. https://doi.org/10.1177/0002716213500035
  6. Citi, M. (2015). European Union Budget Politics: Explaining Stability and Change in Spending Allocations. European Union Politics, 16(2), 260–280. https://doi.org/10.1177/1465116515569551
  7. Coleman, J. S. (2016). Education and Political Development. (SPD-4), Volume 4. Princeton Legacy Library.
  8. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc. https://us.sagepub.com/en-us/nam/research-design/book255675
  9. De Haan, J., & Klomp, J. (2013). Conditional Political Budget Cycles: A Review of Recent Evidence. Public Choice, 157(3–4), 387–410. https://doi.org/10.1007/s11127-013-0106-6
  10. detikBali. (2022, July 7). Pemprov Dinilai Tak Siap Lakukan Perubahan Status SMA Bali Mandara. detikBali. https://www.detik.com/bali/berita/d-6114370/pemprov-dinilai-tak-siap-lakukan-perubahan-status-sma-bali-mandara
  11. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali. (2022). Rencana Kerja Disdikpora Tahun 2022. Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Bali. https://disdikpora.baliprov.go.id/rencana-kerja-disdikpora-tahun-2022/
  12. Dougherty, K. J., & Natow, R. S. (2015). The Politics of Performance Funding for Higher Education: Origins, Discontinuations, and Transformations. JHU Press.
  13. Dougherty, K. J., Natow, R. S., Bork, R. H., Jones, S. M., & Vega, B. E. (2013). Accounting for Higher Education Accountability: Political Origins of State Performance Funding for Higher Education. Teachers College Record, 115(1), 1–50. https://doi.org/10.1177/016146811311500101
  14. Färber, A. (2014). Low-Budget Berlin: Towards an Understanding of Low-Budget Urbanity As Assemblage. Cambridge Journal of Regions, Economy and Society, 7(1), 119–136. https://doi.org/10.1093/cjres/rst034
  15. Fatkhuri. (2019). Desentralisasi Pendidikan di Indonesia: Korupsi dan Problem Politik Kekuasaan. Kemudi: Jurnal Imu Pemerintahan, 3(2), 278–297. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kemudi/article/view/874
  16. Hastuti, N. F. W. D. (2019). Politik dan Sistem Pendidikan Nasional: Pengaruh Politik terhadap Implementasi Kurikulum di Indonesia [Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/70938/
  17. Herrera M., L., Torres-Lista, V., & Montenegro, M. (2018). Analysis of the State Budget for Education of the Republic of Panama from 1990 to 2017. International Education Studies, 11(7), 71–82. https://doi.org/10.5539/ies.v11n7p71
  18. Hessami, Z. (2014). Political Corruption, Public Procurement, and Budget Composition: Theory and Evidence From OECD Countries. European Journal of Political Economy, 34, 372–389. https://doi.org/10.1016/j.ejpoleco.2014.02.005
  19. Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X
  20. Jubba, H., & Pabbajah, M. (2018). Politik Pendidikan Indonesia: Ketimpangan dan Tuntutan Pemenuhan Kualitas Sumber Daya. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i1.267
  21. Khan, A., & Hildreth, W. B. (2002). Budget Theory in the Public Sector. Bloomsbury Academic.
  22. Kuntari, Y., Chariri, A., & Prabowo, T. J. W. (2019). Capital Expenditure of Local Governments. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 23(1), 1–13.
  23. Kusuma, M. W. (2022, June 1). Riwayat SMA Bali Mandara, Sekolah Asrama Impian Siswa Kurang Mampu. detikBali. https://www.detik.com/bali/berita/d-6105074/riwayat-sma-bali-mandara-sekolah-asrama-impian-siswa-kurang-mampu
  24. Maarse, J. A. M. (Hans), & Jeurissen, P. P. (Patrick). (2016). The Policy and Politics of the 2015 Long-Term Care Reform in the Netherlands. Health Policy, 120(3), 241–245. https://doi.org/10.1016/j.healthpol.2016.01.014
  25. metrobali. (2022, May 30). Sesat Pikir Kebijakan “Membunuh ROH” SMAN BALI MANDARA oleh I Gusti Putu Artha, eks KPU RI. metrobali. https://metrobali.com/sesat-pikir-kebijakan-membunuh-roh-sman-bali-mandara-oleh-i-gusti-putu-artha-eks-kpu-ri/
  26. Pedersen, R. T., Dahlgaard, J. O., & Citi, M. (2019). Voter Reactions to Candidate Background Characteristics Depend on Candidate Policy Positions. Electoral Studies, 61, 102066. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2019.102066
  27. Poskota Bali. (2022, May 24). Keistimewaan SMAN Bali Mandara Dihapus, Pasek Suardika: Sekolah untuk Orang Miskin itu Intangible Capital. Poskota Bali. https://bali.poskota.co.id/2022/05/24/keistimewaan-sman-bali-mandara-dihapus-pasek-suardika-sekolah-untuk-orang-miskin-itu-intangible-capital
  28. Quinn, S. (2017). “The Miracles of Bookkeeping”: How Budget Politics Link Fiscal Policies and Financial Markets. American Journal of Sociology, 123(1), 48–85. https://doi.org/10.1086/692461
  29. Raharyo, Y. (2022, May 27). Kadisdik Paparkan Kebijakan Pendidikan-Bantuan Siswa Miskin SMA/SMK Se-Bali. Radar Bali. https://radarbali.jawapos.com/bali/70860231/kadisdik-paparkan-kebijakan-pendidikanbantuan-siswa-miskin-smasmk-sebali
  30. Rahman, F. A., Sahabuddin, R., & Karim, A. (2021). The Effectiveness for Regional Budget of Revenue and Expenditure as a Control Tools in Enrekang Regency Governments. Saudi Journal of Economics and Finance, 5(4), 173–179. https://doi.org/10.36348/sjef.2021.v05i04.006
  31. Reeves, A., McKee, M., Basu, S., & Stuckler, D. (2014). The Political Economy of Austerity and Healthcare: Cross-National Analysis of Expenditure Changes in 27 European Nations 1995–2011. Health Policy, 115(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.healthpol.2013.11.008
  32. Rubin, I. S. (2019). The Politics of Public Budgeting: Getting and Spending, Borrowing and Balancing. SAGE Publications.
  33. Rutherford, A., & Rabovsky, T. (2014). Evaluating Impacts of Performance Funding Policies on Student Outcomes in Higher Education. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 655(1), 185–208. https://doi.org/10.1177/0002716214541048
  34. Smith, K. B., & Larimer, C. (2018). The Public Policy Theory Primer. Routledge.
  35. Statistics of Bali Province. (2022a). Ringkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bali (Ribu Rupiah), 2019-2021. Statistics of Bali Province. https://bali.bps.go.id/indicator/13/96/1/ringkasan-anggaran-pendapatan-dan-belanja-daerah-apbd-provinsi-bali.html
  36. Statistics of Bali Province. (2022b, July 15). Profil Kemiskinan Bali Maret 2022. Berita Resmi Statistik. https://bali.bps.go.id/pressrelease/2022/07/15/717716/profil-kemiskinan-bali-maret-2022.html
  37. Tompkins-Stange, M. E. (2020). Policy Patrons: Philanthropy, Education Reform, and the Politics of Influence. Harvard Education Press.
  38. Verger, A., Fontdevila, C., & Zancajo, A. (2016). The Privatization of Education: A Political Economy of Global Education Reform. Teachers College Press.
  39. Wehner, J., & De Renzio, P. (2013). Citizens, Legislators, and Executive Disclosure: The Political Determinants of Fiscal Transparency. World Development, 41, 96–108. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2012.06.005
  40. Zenz, A. (2019). ‘Thoroughly Reforming Them Towards a Healthy Heart Attitude’: China’s Political Re-education Campaign in Xinjiang. Central Asian Survey, 38(1), 102–128. https://doi.org/10.1080/02634937.2018.1507997

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...